Mencari Malam Kemuliaan Lailatul Qadar: Panduan dan Prediksi-lembarislam.com

Mencari Malam Kemuliaan Lailatul Qadar: Panduan dan Prediksi-lembarislam.com

Lembarislam.com-Menurut Imam Ghazali, prediksi malam Lailatul Qadar dapat berpedoman pada hari pertama bulan Ramadan. Namun, ulama lain juga memiliki prediksi sendiri, termasuk Hujjatul Islam Imam Al Ghazali dan ulama Mazhab Syafi'i.

Walaupun demikian, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk mencarinya di sepuluh hari terakhir Ramadan. Ulama Mazhab Syafi'i memprediksi Lailatul Qadar jatuh pada 21 dan 23 Ramadan.

Di sisi lain, jika awal Ramadan jatuh pada hari Selasa atau Jumat, berarti malam Lailatul Qadar bertepatan dengan tanggal 27 Ramadan. Sedangkan jika Ramadan bertepatan dengan hari Sabtu, maka jatuh pada tanggal 23 Ramadan.

Hingga saat ini, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan malam Lailatul Qadar terjadi. Kata 'lailah' berarti malam, sementara 'qadr' didefinisikan sebagai ketentuan Tuhan, kemuliaan, dan keagungan.

Meskipun Nabi Muhammad SAW pernah hampir menyampaikan waktu pasti malam Lailatul Qadar, namun tanda-tanda tersebut baru dapat disadari setelah malam itu berlalu.

Beberapa dalil yang menjelaskan tanda-tanda Lailatul Qadar antara lain:

* Malam yang tenang dan damai

* Langit tampak cerah dan berbintang

* Matahari terbit tanpa disertai sorotan sinar seperti biasa

* Munculnya pelangi di malam hari

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal baik selama sepuluh hari terakhir Ramadan, khususnya di malam-malam ganjil, untuk mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7269242/prediksi-malam-lailatul-qadar-menurut-imam-al-ghazali

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama