Perkuat Ekosistem Syariah, Sri Mulyani Dorong Riset Masif-LembarIslam.com


Selamat datang di lembarislam.com, fokus pada artikel ekonomi syariah. Tujuan lembarislam.com adalah untuk memberikan berita, wawasan, dan tren terbaru dalam industri keuangan syariah yang berkembang pesat, dengan fokus khusus pada pasar Indonesia. Tim penulis lembarislam.com yang berpengalaman dan ahli dalam industri akan terus menginformasikan Anda tentang perkembangan terbaru dalam perbankan, investasi, dan perencanaan keuangan yang sesuai dengan syariah.

LembarIslam.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendorong perguruan tinggi melakukan riset di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Sehingga dapat berkontribusi menyempurnakan berbagai kebijakan pemerintah.

“Saya tentu berharap perguruan tinggi akan terus melakukan riset dengan cara bersungguh-sungguh dan terus membuka dari sisi data metodologi serta cara menganalisa,” katanya dalam acara FREKS IAEI di Jakarta.

Sri Mulyani berharap hasil penelitian yang dilakukan dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk penguatan industri keuangan dan ekonomi syariah. “Riset dapat memberikan rekomendasi ke kebijakan pemerintah dan merupakan suatu evidence based atau basis yang didasarkan data dan fakta yang kemudian kita ramu untuk terus memperbaiki kebijakan,” katanya.

Menurut Sri Mulyani, riset berperan penting dalam memberikan gambaran solusi kepada pemerintah, termasuk saat terjadi krisis akibat pandemi Covid-19. “Untuk bisa jawab kebutuhan dari industri keuangan syariah namun pada saat yang sama juga merupakan jawaban dari isu-isu yang sifatnya adalah pembangunan nasional,” imbuhnya dikutip dari Antara.

Ia melanjutkan hasil riset dapat menjadi acuan industri keuangan dan ekonomi syariah Indonesia dalam melakukan ekspansi ke tingkat global. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut, total pengeluran penduduk muslim dunia terhadap produk halal ditaksir mencapai USD 2,2 triliun.

Nominal sebesar itu merupakan total belanja dari 1,8 miliar orang atau 24 persen dari total penduduk dunia. Pengeluaran 1,8 miliar orang muslim di dunia itu meliputi seluruh bidang.

Mulai dari makanan, obat-obatan, lifestyle dan berbagai hal lain yang dipengaruhi oleh kebutuhan serta etika nilai ajaran Islam. “Pengeluaran ini tumbuh 5,2 persen. Ini terus didukung dan didorong oleh peningkatan kesejahteraan di negara-negara yang memiliki penduduk muslim,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk memenuhi potensi pangsa pasar global yang besar, maka Indonesia terus meningkatkan keseluruhan elemen ekosistem syariah mulai dari peraturan perundang-undangan hingga institusional.

Sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Sri Mulyani berharap berbagai industri yang berkaitan dengan prinsip keIslaman dapat menjadi pemantik pertumbuhan keuangan dan ekonomi syariah. Oleh sebab itu, ia menekankan riset di bidang bidang ekonomi dan keuangan syariah perlu terus ditingkatkan agar dapat membangun ekosistem yang baik.

“Bagaimana ekosistem dibangun serta policy instrumen dan keandalan yang didukung oleh data baik pada level mikro perusahaan. Ini tantangan dan sekaligus keinginan untuk membangun riset di bidang ekonomi dan keuangan syariah,” pungkasnya.

Demikianlah informasi terbaru dari LembarIslam.com, semoga dapat bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan keimanan dan pengetahuan keagamaan. Terus pantau LembarIslam.com untuk mendapatkan berita, artikel, dan tips keislaman terbaru. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini kepada keluarga, sahabat, dan rekan Anda agar semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya. Terima kasih telah mengunjungi LembarIslam.com.

#IslamiTerbaru, #TafsirAyatSuci, #KisahInspiratifIslam, #TipsKeislaman, #AgamaIslam, #DoaHarian, #HijrahCinta, #Bersyukur, #JanganMenyerah, #MutiaraIslami

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama