Sholat Sunnah Sebelum Subuh: Waktu Singkat, Pahala Berlimpah-lembarislam.com

Sholat Sunnah Sebelum Subuh: Waktu Singkat, Pahala Berlimpah-lembarislam.com

Berdasarkan Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi, sholat sunnah dua rakaat sebelum Subuh dianjurkan dikerjakan dengan singkat. Hal ini bertujuan agar umat Islam dapat melaksanakan sholat fardhu tepat waktu.

Dalam hadits riwayat Aisyah RA, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW senantiasa menunaikan sholat sunnah dua rakaat sebelum Subuh. Makna dari hadits ini adalah Rasulullah melaksanakan sholat sunnah tersebut dengan segera, seolah mendengar iqamah, karena khawatir terlewat di awal waktu.

Tata cara sholat sunnah sebelum Subuh adalah sebagai berikut:

* Dikerjakan sebanyak dua rakaat.

* Dikerjakan setelah muncul fajar shadiq (cahaya yang muncul di ufuk) dengan jelas.

Selain itu, sholat sunnah sebelum Subuh memiliki keutamaan yang besar, sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Aisyah RA:

"Orang yang membaca surah Al-Insyirah dan Al-Fill pada sholat sunnah qobliyah Subuh maka terjagalah ia dari kejahatan orang orang yang jahat."

Imam Ghazali menganjurkan membaca surah Al-Insyirah pada rakaat pertama dan surah Al-Fill pada rakaat kedua setelah membaca surah Al-Fatihah. Dengan begitu, umat Islam akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari sholat sunnah sebelum Subuh

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7216891/sholat-sunnah-sebelum-subuh-lebih-baik-dari-dunia-dan-seisinya

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama