Mahasiswa Indonesia Berbagi Pengalaman Puasa di Polandia-lembarislam.com

Mahasiswa Indonesia Berbagi Pengalaman Puasa di Polandia-lembarislam.com

Lembarislam.com - Menjelang bulan suci Ramadan, mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Polandia, Nugraha Akbar Nurrochmat, membagikan pengalamannya dalam menjalani ibadah puasa di negara Eropa Tengah tersebut.

Meski mayoritas penduduk Polandia beragama Katolik, terdapat sekitar 40.000 umat Muslim yang berasal dari Indonesia dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Menurut Nugraha, sebagian besar kaum Muslim di Polandia berasal dari Turki.

"Beberapa masjid di Polandia menyediakan takjil dan makanan gratis untuk berbuka puasa bersama. Namun, kebanyakan hidangan yang disajikan adalah makanan khas Turki seperti baklava," ujar Nugraha.

Namun, Nugraha bersama istrinya lebih memilih memasak sendiri untuk menyiapkan makanan berbuka dan sahur. "Meski di Polandia banyak terdapat restoran Indonesia, kami lebih suka masak sendiri karena lebih hemat dan bisa menyesuaikan selera," imbuhnya.

Polandia memiliki empat musim, sehingga waktu puasa sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Saat ini, Polandia sedang mengalami musim semi dan puasa berlangsung selama 13 jam.

"Saat musim panas, puasa bisa mencapai 18 jam, sedangkan saat musim dingin, puasa hanya berlangsung sekitar 8 jam," terang Nugraha.

Meskipun jauh dari keluarga di Indonesia, Nugraha tetap merasakan suasana Ramadan yang khidmat dan menyenangkan. Ia kerap melakukan silaturahmi secara daring dengan teman-teman dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang tersebar di seluruh penjuru Eropa.

Selain itu, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) juga mengadakan buka puasa bersama untuk seluruh WNI di Polandia.

"Buka puasa bersama di masjid terasa damai dan menyenangkan. Kami juga melakukan salat berjamaah dan Tarawih," kata Nugraha.

Meski berada jauh dari tanah air, Nugraha bersama rekan-rekannya tetap berusaha menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. "Semoga Ramadan tahun ini menjadi berkah bagi kita semua," pungkasnya

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7243899/puasa-di-polandia-lintasi-2-musim-waktunya-makin-panjang

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama