Ma'ruf Amin Ingin Percepat Pengembangan Ekonomi Syariah-LemnbarIslam.com

Selamat datang di lembarislam.com, fokus pada artikel ekonomi syariah. Tujuan lembarislam.com adalah untuk memberikan berita, wawasan, dan tren terbaru dalam industri keuangan syariah yang berkembang pesat, dengan fokus khusus pada pasar Indonesia. Tim penulis lembarislam.com yang berpengalaman dan ahli dalam industri akan terus menginformasikan Anda tentang perkembangan terbaru dalam perbankan, investasi, dan perencanaan keuangan yang sesuai dengan syariah.


LemnbarIslam.com – Pertumbuhan ekonomi syariah terus menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Pada gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap ekonomi syariah dapat menjadi arus serta sumber baru peningkatan ekonomi di Tanah Air.

Untuk memiliki sumber daya keuangan yang baru itu, menurut Ma’ruf, tentu membutuhkan sistem yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat secara inklusif. Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, ekonomi syariah diharapkan dapat membangun perekonomian Indonesia.

“Piranti ekonomi syariah adalah pilihan tepat untuk mengembangkan ekonomi, hal ini akan membantu ketahanan ekonomi nasional, dengan keterlibatan umat yang semakin besar, ekonomi secara langsung bisa dimanfaatkan,” ungkap Ma’ruf di JCC Senayan, Jakarta.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (13/11). (Saifan Zaking/JawaPos.com)

Ma’ruf Amin juga menyebut bahwa perkembangan ekonomi di Indonesia sangat pesat. Namun, untuk peran dari ekonomi syariah nasional masih jauh jika dibandingkan dengan ekonomi keuangan konvensional.

“Berbagai upaya harus dilakukan dalam memperbanyak ekonomi syariah di Indonesia. Namun upaya tidak berarti membenturkan perkembangan ekonomi secara konvensional dan syariah. Harus dilakukan secara sistematis dan bertahap, kita ingin mengajak negara mayoritas Islam seperti Mesir, Pakistan, dan Malaysia, untuk mengembangkan ekonomi syariah,” tambah dia.

Untuk itu di dalam pemerintahan, dirinya bersama Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung pengembangan kelembagaan ekonomi syariah. Hal yang dilakukan adalah pengembangan yang dipercepat, memperluas, dan memajukan ekonomi syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

“Dengan inisiatif ini, saya berharap pihak terkait dapat berkerja sama. Saya juga ingin supaya ekonomi keuangan syariah menjadi pendorong terjadinya arus baru ekonomi Indonesia,” terang dia.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menambahkan, sejauh ini kepemimpinan dan program ekonomi syariah sudah berjalan. Pengembangan ekonomi di pesantren, usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM), mata rantai ekonomi halal, hingga industri halal di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

Kami undang berbagai pihak untuk bersama-bersama menggunakan ini sebagai platform utama, Indonesia Insya Allah akan menjadi pusat syariah dunia,” kata dia.

Terima Kasih telah berkunjung ke website lembarislam.com, jika Anda tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang ekonomi syariah, pastikan untuk mengikuti lembarislam.com dan menelusuri artikel kami. Kami berharap dapat membantu Anda menavigasi dunia yang menarik dari keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia saat ini.


#lembarislam #EkonomiSyariah #Indonesia #KeuanganSyariah #PerbankanSyariah #PeluangInvestasi

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama