Keutamaan dan Amalan Berbuka Puasa dari Sunnah Rasulullah SAW-LembarIslam.com

Keutamaan dan Amalan Berbuka Puasa dari Sunnah Rasulullah SAW-LembarIslam.com

lembarislam.com-Buku "Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah" karya Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari mengulas berbagai hadis yang membahas keutamaan buka puasa dan cara Rasulullah SAW berbuka puasa. Amalan ini menjadi sunnah bernilai pahala.

Rasulullah SAW berpesan bahwa puasa Ramadan dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu bagi yang menjalankannya dengan baik. Beliau juga menyatakan bahwa bagi orang yang berpuasa, terdapat kebahagiaan saat berbuka dan berjumpa dengan Tuhannya.

Di bulan Ramadan, pahala setiap amalan dilipatgandakan. Bagi yang tidak dapat berpuasa karena sakit atau perjalanan, wajib menggantinya di hari lain. Sedangkan bagi yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah atau memberi makan seorang miskin.

Rasulullah SAW berbuka puasa dengan beberapa kurma basah sebelum shalat Maghrib. Beliau juga mengonsumsi kurma ganjil saat berbuka. Sunnah berbuka puasa adalah segera setelah masuk waktu Maghrib. Waktu berbuka puasa juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 183. Dengan menjalankan puasa dan mengamalkan sunnah berbuka puasa dari Rasulullah SAW, umat Islam dapat memperoleh pahala yang berlimpah dan memperkuat keimanan mereka

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7234125/cara-rasulullah-saw-berbuka-puasa-bisa-dicontoh-agar-berkah

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama