Tanggal-Tanggal Penting Penurunan Kitab Suci pada Bulan Ramadan-LembarIslam.com

 

Tanggal-Tanggal Penting Penurunan Kitab Suci pada Bulan Ramadan-LembarIslam.com

LembarIslam - Kembali memasuki bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia menyambut dengan penuh suka cita. Selain sebagai bulan penuh berkah, Ramadan juga menjadi penanda akan turunnya kitab-kitab suci kepada para nabi dan rasul.

Berdasarkan riwayat dari Wailah bin Asqa', Rasulullah SAW bersabda bahwa beberapa kitab suci diturunkan pada tanggal-tanggal tertentu di bulan Ramadan. Berikut tanggal-tanggal yang disebutkan dalam hadits tersebut:

* **1 Ramadan:** Shuhuf (lembaran-lembaran) Nabi Ibrahim

* **6 Ramadan:** Taurat

* **13 Ramadan:** Injil

* **18 Ramadan:** Zabur

* **24 Ramadan:** Al-Qur'an

Riwayat tersebut terdapat dalam kitab hadits Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman. Tanggal-tanggal ini memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam, karena menandai dimulainya wahyu dan penyampaian ajaran-ajaran Allah SWT kepada manusia.

**Shuhuf Nabi Ibrahim** yang diturunkan pada awal Ramadan, merupakan kumpulan lembaran-lembaran yang berisi ajaran tauhid dan kebenaran. **Taurat** yang diturunkan kepada Nabi Musa pada tanggal 6 Ramadan, menjadi pedoman bagi kaum Bani Israel.

**Injil** yang diturunkan kepada Nabi Isa pada tanggal 13 Ramadan, berisi ajaran kasih sayang dan pengorbanan. **Zabur** yang diturunkan kepada Nabi Daud pada tanggal 18 Ramadan, menjadi pelipur lara dan berisi puji-pujian kepada Allah SWT.

Puncaknya, **Al-Qur'an** diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada tanggal 24 Ramadan, sekaligus menjadi kitab suci terakhir dan penyempurna dari semua kitab suci sebelumnya.

Tanggal-tanggal penurunan kitab suci tersebut menjadi pengingat bagi umat Islam akan pentingnya membaca, mempelajari, dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. Dengan memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran tersebut, diharapkan umat Islam dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan menjalani kehidupan yang lebih baik

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20240307163754-29-520505/8-keutamaan-bulan-ramadan-ampunan-dosa-dan-penuh-berkah

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama